veronikafoju

Healthy @rticles


Efek dan Akibat dari Pencemaran Benda Radioaktif / Radio Aktif – Sinar Alpha, Beta dan Gamma Pembelahan Inti Atom – Ilmu Kimia

 

Pengertian atau arti definisi pencemaran radioaktif / radio aktif adalah suatu pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh debu radioaktif akibat terjadinya ledakan reaktor-reaktor atom serta bom atom. Yang paling berbahaya dari pencemaran radio aktif seperti nuklir adalah radiasi sinar alpha, beta dan gamma yang sangat membahayakan makhluk hidup di sekitarnya. Selain itu partikel-partikel neutron yang dihasilkan juga berbahaya. Zat radioaktif pencemar lingkungan yang biasa ditemukan adalah 90SR penyebab kanker tulang dan 131J.

Apabila ada makhluk hidup yang terkena radiasi atom nuklir yang berbahaya biasanya akan terjadi mutasi gen karena terjadi perubahan struktur zat serta pola reaksi kimia yang merusak sel-sel tubuh makhluk hidup baik tumbuh-tumbuhan maupun hewan atau binatang.

Efek serta Akibat yang ditimbulkan oleh radiasi zat radioaktif pada umat manusia seperti berikut di bawah ini :

1. Pusing-pusing
2. Nafsu makan berkurang atau hilang
3. Terjadi diare
4. Badan panas atau demam
5. Berat badan turun
6. Kanker darah atau leukimia
7. Meningkatnya denyut jantung atau nadi
8. Daya tahan tubuh berkurang sehingga mudah terserang penyakit akibat sel darah putih yang jumlahnya berkurang

Obat baru yang memberikan harapan bagi Perokok

Salah satu efek negatif dari rokok yang sangat ditakuti adalah COPD (Chronic obstructive pulmonary disease), COPD adalah penyakit paru progesif yang disebabkan oleh dua penyakit paru, yaitu bronchitis dan emphysema. Kedua penyakit menyebabkan sumbatan di saluran nafas yang menghubungkan paru dengan udara luar sehingga menjadikan penderita susah bernafas. Merokok merupakan faktor resiko tertinggi dari COPD, sekitar 80-90 % penderita COPD yang terdiagnosa merupakan perokok kelas berat, yah meskipun pengaruh lain seperti polusi udara, asap dan debu juga merupakan pencetusnya. Saat ini tidak ada obat dan terapi yang efisien untuk penyembuhan COPD, namun sebuah obat eksperimen telah terbukti sangat efektif untuk mencegah terjadinya COPD pada tikus percobaan yang telah terpapar oleh tembakau.

Para peneliti dari John Hopkins School of Medicine di Maryland mempelajari bahwa sekelompok tikus yang di papar dengan asap tembakau selama 6 bulan menunjukkan terjadinya serangan awal emphysema, penyakit paru penyebab COPD. Separuh dari tikus ini diberi obat eksperimen yang disebut sebagai CDDO-imidazole (CDDO-Im), merupakan obat hasil sintesis dari oleanolic acid, zat yang umum ditemukan pada berbagai tanaman di indonesia. CDDO-imidazole bekerja pada Nrf2, suatu molekul dalam tubuh yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas, termasuk radikal bebas dalam rokok. Jika radikal bebas ini bisa diangani dengan lebih baik, maka resiko terjadinya COPD dan kanker juga bisa ditekan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sekelompok tikus yang diberi CDDO-imidazole selain memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap COPD dan berbagai penyakit paru lainnya, tikus-tikus ini juga mengalami peningkatan kinerja jantung dibanding tikus yang tidak diberi obat.

 

Mengapa bayi perlu dijemur di bawah matahari pagi? Apa manfaat sinar matahari di pagi hari untuk bayi, khususnya bagi bayi yang baru lahir?

Jawab :

Penjelasan mengenai kebiasaan menjemur bayi di bawah sinar matahari yang dilakukan masyarakat terutama yang memiliki bayi dapat dijelaskan secara ilmiah. Bayi yang baru lahir kebanyakan mengalami penyakit kuning. Penyakit kuning yang ditandai dengan menguningnya kulit bayi ini, diakibatkan oleh peningkatan kadar bilirubin. Bilirubin merupakan zat yang dikeluarkan pada saat pemecahan sel-sel darah merah, yang banyak terjadi pada bayi yang baru lahir. Bilirubin ini sangat berbahaya, karena bersifat racun. Bilirubin yang bebas ini bersifat racun, namun bilirubin yang masih terikat pada sel darah merah tidak bersifat racun.

Perlu diketahui bahwa penyakit kuning ada 2 macam, yakni penyakit kuning yang bersifat fisiologis, dan penyakit kuning yang bersifat patologis. Penyakit kuning fisiologis merupakan hal yang normal terjadi pada bayi, diakibatkan karena organ hati yang belum matang. Penyakit kuning ini dapat disembuhkan melalui penggunaan sinar matahari pagi dan penggunaan ASI. Sebaliknya, penyakit kuning berjenis patologis adalah penyakit kuning yang disebabkan oleh penyakit, infeksi bakteri,virus hepatitis, sifilis, malaria, kelainan saluran empedu atau ketidakcocokan golongan darah. Penyakit kuning jenis patologis hanya bisa disembuhkan dengan obat-obatan atau transfuse tukar.

Kegunaan sinar matahari disini ialah bahwa sinar matahari dapat mengubah senyawa bilirubin secara kimiawi melalui proses isomerisasi, dengan menggunakan panjang gelombang tertentu. Panjang gelombang tertentu ini biasanya dapat kita gunakan pada pagi hari. Untuk itu, bayi dianjurkan dijemur di bawah sinar matahari pagi pada jam 7 sampai 9 selama 10-15 menit.

Selain berperan mengubah bilirubin menjadi senyawa yang tidak berbahaya, sinar matahari juga berperan untuk bayi, antara lain:

  • Mengubah pro vitamin D menjadi vitamin D untuk membantu pembentukan tulang pada bayi
  • Mencegah penyakit kulit pada bayi
  • Mencegah penyakit rabun jauh/miopi pada bayi
  • Menghangatkan tubuh bayi sekaligus membantu mengeluarkan lendir dari tenggorokannya. Alhasil, suara ngrok-ngrok napas bayi, terutama yang berbakat alergi, dapat dikurangi.
  • Membuat bayi tidur lebih lelap pada malam hari

by: Veronika Foju

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Veronika

Flickr Photos

The Aged and the Ageless

Photonic Symphony

Kuifmees / Crested Tit / Mésange huppée

More Photos
%d bloggers like this: