veronikafoju

Posted on: January 20, 2011

Really, really can’t wait to write again..

Hari ini benar-benar hari pembebasan buat kami semua. Setelah 3 hari ini berkutat penuh dengan ujian akhir semester, akhirnya kami menuntaskannya siang tadi. Wajah-wajah gembira kami seolah menjadi penyegar dahaga di siang hari. Tanpa memedulikan rasa lapar yang melilit, Aku bersama kedua teman senasib sepenanggungan, Iren dan Imel, memutuskan untuk berjalan-jalan sejenak, sekaligus merayakan keberhasilan kami mengerjakan soal-soal ujian..

Sekedar flashback kembali masa-masa ujian kemarin, ternyata di luar dugaan semua soal ujian yang kuhadapi tidak terlalu sulit malah bisa dikatakan gampang..

Namun anehnya, masih ada saja yang nyontek, browsing lewat handphone, bahkan ada yang tidak kapok-kapok walaupun sudah pernah kedapatan. Jujur, bukannya mau menjelekan, tapi sepertinya budaya nyontek di kelas kami sudah semakin merajalela.

Ada beberapa pendapat teman-teman (yang tidak mencontek) lain mengenai hal ini;

Ada yang mengatakan, “Itu sah-sah saja, terserah mereka, toh mereka juga yang akan rugi..”

Ada pula yang mengatakan, “Sebenarnya kami mau tegur, tapi perasaan dengan mereka, takutnya dibilang sok pintarlah…”

Namun, yang lain berpendapat, ” Wah,itu sih tidak adil..langsung ditegur saja mereka. Masa kami sudah capek-capek belajar, nilainya sama dengan mereka yang tidak belajar sama sekali..”

Tanpa disadari hal ini bisa menjadi jurang pemisah antara kami, menjadi pemicu perang di antara kami. Inilah yang Aku khawatirkan..

Di lain sisi, Aku merasa itu persoalan mereka dan Aku tidak peduli. Tapi lama kelamaan, semakin sering mereka mencontek, Aku jadi gerah. Segala pikiran berkecamuk dalam hati. Antara marah, benci, dan merasa tidak adil. Aku merasa segala usaha belajarku ini sia-sia saja. Toh, nilaiku juga akan sama dengan mereka yang mencontek.

Aku pun merefleksikan hal itu.. dan Aku akhirnya berpendapat bahwa perasaan itu cuma-cuma. Perasaan benci dan jengkel pada mereka hanya akan menambah beban batin dan luka yang disembunyikan.

Untuk teman-teman yang punya permasalahan yang sama, sebaiknya ingatlah ini:

Pertama, janganlah kita mengganggap bahwa kita belajar untuk mendapatkan nilai. Prinsipnya, nilai memang penting, namun yang paling penting adalah hal yang kita pelajari itu akan kita ingat dan menjadi bekal ilmu pengetahuan kita nanti. Selain itu, kita bukan hanya belajar ilmu pengetahuan saja, melainkan mental dan tingkah laku kita. Kita perlu sadar, bahwa tindakan kita untuk tidak mencontek itu melatih kita untuk bersikap jujur, apa adanya dan tekun. Menjadi pribadi yang jujur, apa adanya dan tekun akan menjadi bekal masa depan kita, khususnya saat kita hidup di tengah-tengah masyarakat.

Kedua, janganlah kita membenci. Memang rasa benci itu menjadi wajar saat kita dihadapkan pada situasi ini. Tapi itu tidak akan menyelesaikan masalah. Kita malah akan menambah energi-energi negatif dalam diri kita dan membuat diri kita frustasi. Yang perlu kita lakukan adalah berkonsentrasi pada diri kita sendiri, dan mengingat bahwa kita telah dewasa. Kita punya prinsip masing-masing, dan yang kita lakukan adalah menjalankannya.

Ketiga, janganlah duduk diam. Ini hanya akan memicu masalah. Kita perlu mencoba untuk bicara dengan teman-teman kita, dan jujur pada mereka bahwa kita merasa diperlakukan tidak adil. Ini tentunya akan menggugah perasaan mereka, dan membuat mereka enggan mencontek kembali. Kalau mereka tidak sadar-sadar juga, mungkin hati mereka itu batu..Tetapi kadang ada beberapa dari mereka yang memiliki masalah-masalah yang membuat mereka sulit belajar atau mempunyai problem dengan cara belajar mereka. Semuanya akan terungkap saat kita berani untuk jujur dan terbuka satu sama lain.

That’s all mengenai pengalaman ujianku kali ini..c u..

 

“..kadang yang perlu kita lakukan adalah diam dan perhatikan apa yang terjadi di sekitar kita..

dan semua yang awalnya gelap akan menjadi jelas bagi mata hati kita..”

By: Veronika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Veronika

Flickr Photos

The Aged and the Ageless

Photonic Symphony

Kuifmees / Crested Tit / Mésange huppée

More Photos
%d bloggers like this: