veronikafoju

Pengetahuan lingkungan

Posted on: January 15, 2011

RESUME HASIL DISKUSI

Suatu ekosistem merupakan kumpulan dari beraneka ragam jenis populasi. Populasi sendiri adalah kumpulan makhluk hidup sejenis yang menempati tempat tertentu, pada suatu waktu tertentu. Oleh karena itu, populasi adalah dasar dari terbentuknya suatu ekosistem.

Di dalam suatu ekosistem terdapat komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik meliputi makhluk hidup yaitu tumbuhan, hewan dan manusia. Komponen abiotik meliputi makhluk tak hidup seperti tanah, udara, cahaya matahari,dan air. Kedua komponen ini saling berinteraksi dan saling bergantung satu sama lain. Oleh karena itu, diperlukan adanya keseimbangan antara komponen biotik dan komponen abiotik. Keseimbangan suatu ekosistem sangat tergantung pada keseimbangan populasinya, atau bisa dikatakan keseimbangan ekosistem merupakan keseimbangan populasi.

Namun sayangnya, pada era modern sekarang keseimbangan itu telah jauh bergeser. Lingkungan tidak mengalami keseimbangan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan adanya masalah-masalah lingkungan hidup yang terjadi akibat ketidakseimbangan tersebut, seperti:

  1. Berkurangnya kesediaan sumber daya alam yang diakibatkan karena eksploitasi berlebihan.
  2. Kesenjangan antara kebijakan dan praktek yang mengakibatkan kerusakan lingkungan. Kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah kadang tidak memperhatikan kondisi lingkungan yang ada. Misalnya : kasus apel timor yang mengalami kepunahan akibat kesalahan kebijakan pemerintah yang tidak hati-hati dan tidak berdasarkan prosedur dan peneliti.
  3. Adanya isu-isu lingkungan seperti global warming, acid rain, dan menipisnya lapisan ozon. Masalah-masalah ini menjadi suatu ancaman bagi keberlangsungan hidup di muka bumi, karena bepengaruh pada perubahan iklim yang sedang terjadi saat ini.
  4. Punahnya berbagai jenis makhluk hidup yang diakibatkan adanya penebangan liar, perburuan illegal, pemanfaatan lahan yang malah merusak habitat.
  5. Makhluk hidup menjadi rentan dan gampang terserang penyakit-penyakit yang muncul akibat kondisi lingkungan yang telah tercemar.

Masalah-masalah diatas seperti yang telah kita ketahui, muncul akibat ketidakseimbangan lingkungan. Untuk itu diperlukan adanya usaha-usaha untuk mempertahankan keseimbangan lingkungan.

Dalam diskusi kelompok, didiskusikan mengenai : Usaha-usaha yang dilakukan (sebagai seorang Bupati) dalam rangka menjaga keseimbangan lingkungan.

Usaha-usaha yang dilakukan meliputi:

a)      Melakukan kebijakan pola hidup ramah lingkungan di dalam masyarakat. Suatu pola hidup ramah lingkungan perlu dikembangkan di masyarakat, dimana hal ini dapat mendorong masyarakat untuk terlibat aktif dalam menjaga keseimbangan lingkungan melalui pola hidup sehari-hari.

b)      Melakukan program-program berbasis lingkungan seperti program kali bersih, pembuatan hutan kota dan program laut dan pantai lestari. Sebagai seorang Bupati yang menjunjung visi memajukan lingkungannya, perlu diadakan program-program seperti ini. Pelaksanaan program-program yang berbasis lingkungan harus dilakukan secara aktif serta tak lupa melibatkan instansi-instansi serta masyarakat setempat.

c)      Pengarahan LSM atau kelompok-kelompok pecinta lingkungan untuk melibatkan masyarakat agar aktif dalam penyelamatan lingkungan. Sekarang, banyak sekali LSM dan kelompok-kelompok pecinta lingkungan yang memberikan perhatian penuh terhadap masalah-masalah lingkungan. Keberadaan mereka sangat berpengaruh positif bagi terwujudnya keseimbangan lingkungan. Namun, pemerintah perlu mengarahkan mereka untuk melibatkan masyarakat dalam setiap kegiatan yang dilakukan.

d)     Pemberlakuan dan pemanfaatan secara maksimal pajak lingkungan. Pajak lingkungan telah menjadi salah satu usaha pemerintah untuk menyelamatkan lingkungan. Namun, penggunaannya masih sangat minim, tidak dilakukan secara maksimal. Oleh karena itu, pajak lingkungan ini perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk berbagai program lingkungan yang dicanangkan.

e)      Mengadakan sosialisasi lingkungan secara intensif di berbagai lapisan masyarakat. Sosialisasi merupakan hal yang sangat penting untuk memperkenalkan, meyakinkan, serta mengajak masyarakat dari berbagai lapisan untuk turut serta memajukan lingkungan. Hal ini perlu dilakukan secara terus menerus agar masyarakat dapat mengetahui dengan lebih mendalam tentang problema lingkungan saat ini, dan dengan ikhlas membantu menjaga keseimbangan lingkungan mulai dari lingkungan tempat tinggal mereka sendiri.

f)       Mengaktifkan media informasi publik. Media informasi pubik adalah sarana yang sangat tepat untuk mengkampanyekan pentingnya keseimbangan lingkungan. Seperti yang kita ketahui, masyarakat sekarang hampir seluruhnya memiliki media-media tersebut, seperti surat kabar, radio, televisi dan internet. Oleh karena itu, media-media ini harus digunakan untuk menyadarkan masyarakat tentang lingkungan.

g)      Mengaktifkan kembali kegiatan-kegiatan sosial seperti kerja bakti dan penanaman pohon.

Kegiatan-kegiatan ini merupakan kegiatan bakti masyarakat yang telah dilakukan sejak lama. Sebagai contoh, kerja bakti adalah salah satu tradisi di Negara ini. Namun, akhir-akhir ini, gaya hidup modernitas perlahan-lahan menghapus tradisi ini. Pemerintah perlu mengaktifkan kembali kegiatan-kegiatan masyarakat ini, untuk meningkatkan kerja sama mereka dalam membangun lingkungan yang lebih baik.

h)      Mengurangi penggunaan SDA terus menerus yang selama ini dilakukan untuk meningkatkan Pendapatan Daerah. Terkadang untuk meningkatkan pendapatan daerah pemerintah melakukan kebijakan-kebijakan di beberapa sektor seperti kehutanan dan perikanan, yang justru mengeksploitasi penggunaannya. Hal ini harus dihindari. Penggunaan sumber daya alam ini perlu disertai pula dengan usaha pemeliharaannya.

i)        Pemanfaatan energi lain (selain energi fosil) seperti panas bumi, dan tenaga air. Meningkatnya kebutuhan masyarakat membuat penggunaan energi menjadi berlebihan. Sayangnya, energi fosil yang notabene adalah energi yang tak dapat diperbaharui, terus menerus digunakan. Untuk menghindari kemungkinan habisnya sumber energi ini, pemerintah perlu mengusahakan adanya energi-energi alternative lain.

j)        Membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang sadar akan pentingnya keseimbangan lingkungan. Generasi muda perlu dididik sejak dibangku sekolah tentang pentingnya lingkungan hidup, seperti mengadakan program pendidikan lingkungan, sebab masa depan lingkungan ini ada di tangan mereka.

k)      Bekerja sama dengan berbagai lapisan masyarakat terutama para ahli lingkungan untuk mengembangkan solusi-solusi untuk mempertahankan lingkungan hidup. Pemerintah juga perlu bekerja sama dengan berbagai pihak, terutama dengan pihak-pihak yang lebih tahu mengenai masalah lingkungan, agar dapat diwujudkan suatu kebijakan yang tepat dalam rangka memelihara keseimbangan lingkungan.

Usaha-usaha di atas merupakan tindakan untuk menjaga keseimbangan lingkungan. Kita harus menyadari bahwa menjaga keseimbangan lingkungan sangat penting untuk keberlangsungan hidup di masa yang akan datang. Oleh karena itu, bukan hanya pemerintah yang aktif dalam usaha-usaha ini namun kita juga perlu terlibat aktif dalam usaha-usaha yang dilakukan untuk menjaga keseimbangan lingkungan. Karena bumi ini milik kita semua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Veronika

Flickr Photos

The Aged and the Ageless

Photonic Symphony

Kuifmees / Crested Tit / Mésange huppée

More Photos
%d bloggers like this: